Kamis, 28 Juli 2016

Siapa Bilang Di Jakarta Gak bisa memotret Galaksi Bima Sakti?

Hai blogger hari ini ane pengen berbagi pengalaman dan tips trik buat memotret galaksi bima sakti di Jakarta. Terlihat mustahil mungkin, tapi jika kita tahu tips dan trik nya, tidak akan terlihat mustahil lagi tentunya

Dengan bantuan software photoshop (bukan edit manipulasi gambar), settingan kamera dslr yang bener, langit super cerah, dan arah mata angin (baca: ambil kompas) atau aplikasi peta bintang, kita bisa memotret galaksi bima sakti di langit jakarta lho..
how can?

Kemarin malam 27 july 2016 sekitar jam setengah 11, langit jakarta sangat cerah, terlihat rasi bintang cygnus di utara (walau enggak full team) sama bintang vega di sebelah kirinya dan kebetulan galaksi milky way sudah terbentang di langit utara (ane cek stellarium) bermodal kamera dan tatakan di atas genteng, ane lgs setting lah kamera ke mode m, dengan parameter: iso 1600, bukaan lensa f3.5, sama kecepatan rana 15 detik. lalu idupin af, biarin af yg mokusin objek2 di langit, setelah fokus balikiin ke mf lagi, sebelum pencet tombol shuter, ane gak lupa pake self time biar gak shake.


settingan dslr
Ane ambil sekitar 2 photo sampe hasilnya bener2 alus (gak shake/miss fokus) dengan mengharap hoki, dan bener, pas photo diliat di leptop, udh ada bayangan awan tipis menjulang bak milky way, dan disini lah adobe photoshop dibutuhkan. dengan memperbaiki brightness sama contrast nya, lalu atur curves ke bawah (biar gelap, agar bentangan awan galaxynya semakin hidup) 



 dan wala, ane berhasil mendapatkan Galaksi Bima Sakti walau bentangannya gak terlalu mendominasi dan bayangan samar. but, ini sudah sangat memuaskan.


sebelum dan sesudah di edit curves-ya

Intinya, walau berada di perkotaan, carilah spot yang dimana objek yang terdapat pancaran sinarnya minimal, kalau perlu tidak ada. karena sangat menggagu hunting. selain itu, memotret galaksi bima sakti juga mempunyai waktu waktu ideal, yaitu saat bulan april - september.

so thx buat blogger yang sudah membaca tulisan ane, semoga bermanfaat.


Galaksi Bima Sakti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar