Kamis, 05 Maret 2015

Tips buat observasi langit


hai blogger, reader terhormat, udah lama kaga nulis lagi nih ane hehehe. Seharusnya sih lagi sekolah, tapi eh berhubungan lagi berdiam diri di rumah, lagi sakit.. meriang.. merindukan kasih sayang.. yaelah wkwk dan ada koneksi internet juga. Kali ini saya pengen berbagi tips bagaimana cara observasi objek2 di langit alias observasi langit nih, Intro dulu.. observasi menurut bahasa artinya pengamatan, berarti kalo observasi langit adalah pengamatan atau mengamati objek objek yang ada di langit entah itu bintang, planet, meteor atau objek lainnya. Nah observasi langit kan biasa dilakukan oleh orang-orang yang emang bener2 penikmat alam semesta alias astronom atau sejenisnya kan, nah oleh karena itu nih gue tekankan kembali, gue pengen berbagi tips dan bagaimana cara observasi langit nih.

Kalo orang mau observasi langit, yang namanya persiapan matang itu harus mblo, apalagi kalo observasinya sampe tengah malem bahkan sampe shubuh (biasa observasi kayak gitu nungguin hujan meteor) wah mental, fisik, makanan harus full lah, istilahnya jangan setengah2 dah pokoknya. Tapi kalo observasinya cuma bentar kagak nyampe 10 menit atau pengen meriksa/liat ada pristiwa astronomis its like yeah you know lah, looking for objek langit yang menarik kayak ada planet venus atau saturnus atau mars mejeng atau bulan purnama atau supermoon atau atau konjungsi planet atau ada ISS lewat ya... gak papa biasa aja, persiapannya jangan lebay2 amat dah.

planet saturnus saat saya photo di selatan kota jakarta
Oke, seperti yang kita tau, di Indonesia kan punya dua musim, kemarau sama hujan. Musim kemarau dari bulan april-september, sedangkan musim hujan dari oktober-maret. Nah dari situ kita tahu bahwa musim hujan pasti akan membuat awan selalu mendung dan berkonspirasi untuk menghalangi birunya langit dan objek2 langit kan? Jadi kesimpulan disini kita tau bahwa observasi terbaik dilakukan terutama pada musim kemarau dimana potensi langit cerah besar sekali untuk mendukung kita ber-observasi langit dengan ria dan liar. Utamakan tempat yang polusi cahayanya minimal alias gelap, jangan ada lampu atau sejenisnya karena tentu saja akan mengganggu kita untuk mengamati setiap objek-objek di langit. Rekomendasi di bukit atau kebun (kebun pisang, atau di tpu terdekat, kalo berani) jangan di tengah2 tempat ramai alias downtown atau di tengah kota, karena polusi cahaya dari lampu rumah/mobil dan banyak gedung2 bertingkat yang akan sangat mengganggu kita saat berobservasi.

Dan juga, saat observasi jangan lupakan kamera. Karena dengan kamera objek dan momen menarik saat observ bisa diambil lah buat jadi kenang2 dan bahkan kita bisa pajang di media sosial atau blog, kan karen jadinya ya kan. So, ayo tunggu apa lagi, malam tiba, mari observasi langit!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar